Jumat, 08 April 2011

Kakao

buah kakao RCL 50
Kakao, komoditas perkebunan yang satu ini merupakan komoditas yang sangat diminati oleh banyak negara khususnya Amerika dan Eropa. Biji kakao tang telah dijemur dan kering 7,5% standart international merupakan bahan baku utama coklat. bahan dasar biji kakao secara umum diolah menjadi Butter, Powder dan Liquor. Butter (mentega kakao) merupakan bahan dasar yang paling diminati untuk
pembuatan olahan makanan dan Farmasi, sedangkan Powder merupakan campuran bahan dasar pembuatan kue coklat dan bahan olahan lauinnya, sedangkan liquor merupakan produk olahan langsung dari biji kakao yang setelah didapat dengan mengolah langsung biji kakao (dengan cara digiling) dan masih tercampurnya antara butter dan powder. Liquor masih dapat dipisahkan menjadi butter dan powder yang setelahnya dapat diturunkan menjadi beberapa macam produk di bawahnya.
Di Aceh saat ini terdapat hampir ribuan hektar kebun kakao dari pantai timur Aceh , Aceh tenggara dan pantai Barat Aceh. Komoditas kakao ini saat ini punya trend konvensional dan organik yang keduanya mempunyai pasar yang tinggi serta ditambahkan dengan biji kakao Fermentasi yang merupakan kualitas terbaik dari biji kakao.

1 komentar: